Tuesday, July 16, 2024

sharesprings bukan punya kamu



sepertinya saya selalu jelas soal ini: seorang fan selalu punya hak atas band -untuk apapun. dalam keromantisan yang terlalu fana yang pikiran kamu yang idiot tidak akan pernah mengerti.

saya mencetak best years untuk tyza, ardhi, billie dan rusli.

harusnya kamu cukup bahagia dengan popularitas dari mediocrity yang kamu punya. sharesprings bukan punya kamu. sampai kapanpun.
.

Friday, July 12, 2024

sharesprings: 2006-2009



dulu setiap kamu menyebut nama sharesprings, tidak ada satupun waktu kamu melakukannya tanpa membuat saya merinding. saya hampir mendedikasikan seluruh pengalaman pop saya untuk sharesprings. tidak ada satu halamanpun di zine popcore tanpa menyebut band yang menjadi hidup saya selama 10 tahun lebih.

bahkan sepertinya heyho! dibentuk hanya untuk merilis sharesprings -ya mungkin juga untuk the wellington karena memang saat itu mereka selalu berdampingan karena tyza. dan bukankah akhirnya mimpi saya dan mamet menjadi terlalu indah karena kami bisa merilis i love to see dan jasmine? dan split maydear / someone knock on my door? dan kamu tahu tagline aggi saat di heavenly option: 'aggi is the 2nd best pop group after sharesprings'.

saya memulainya di cikini dari bintang, lalu ikut tour supersonic soundfest, lalu merekam sometimes always dengan ivory tower sebagai tribute. setiap detik hidup saya bersama sharesprings terekam jelas termasuk bebek surabaya yang saya bawa untuk billie sebelum busnya berangkat ke jogja.

ardhi dan rusli bercerita terlalu banyak soal bandnya dan mungkin saya menyerap terlalu dalam, sehingga tidak perlu tahu apa yang saya percaya tentang mereka valid atau tidak.

- apakah ada mk-1 yang sebenarnya sebelum ini?

ada, namun tanpa sempat rekam apapun.

- mungkin satu-satunya lineup kalian melakukan tour.

dulu memang rajin main di tour temen-temen. sekarang agak susah latihan (dan males) juga. kalau bisa rilis lagu aja, gak usah manggung.

- 4 lagu awal demo beredar di shoegazer alive. bagaimana dia menemukannya?

biasa, myspace. pedro si bapak dari brazil.

- satu-satunya lineup yang bisa menyaingi mk-1 adalah ketika saya dan bintang masuk untuk i love to see. dan mungkin akan terlalu sempurna andaikan hanzalah tidak pergi.

berkat dirimu, dirinya (bintang C86), ardhi semangat lagi. hanzalah memang mitos, macam maurice di FELT.

- yanu mencoba untuk memasukkan rilisan ini ke itunes, saya agak enggan.

bebas, itu hanya pilihan rute ketika buka waze. come closer, we're cool!




pernah ada seseorang yang baru saya kenal membicarakan paraparlor dan saya bertanya apakah dia pernah mendengar fix your eyes on -jawabannya: tidak. menurut kamu, apakah dia tahu sedikitpun soal sharesprings?

.

Monday, July 1, 2024

understanding



bagaimana understanding, gig indiepop dua hari -gratis dengan box donasi, bisa secara politik terlalu tajam; sesederhana karena mereka menulis 'underground pop' sebagai background. saya hampir tidak pernah lagi mendengar/membaca istilahnya setelah era aktif twisterella.

gignya selalu menjadi apa yang saya idam-idamkan tentang indiepop-only gig; sempit, plug-direct dan dibuat di wr store membuat semuanya menjadi sempurna. menjadi punk. kamu tahu lineupnya sama sekali tidak membosankan -tanpa sharesprings; race, cheeseu, poplar tree, mirrorlakes -bahkan ketika saya benci apapun yang peter buat pasca damascus dan selain korosif 43, paw bermain bagus sekali. tadi pagi dia whatsapp soal rilisan bandcamp terbarunya dan saya entah bagaimana membuka linknya dan bilang ke dia "aku suka, kak pet.".

reino menghubungi saya soal understanding, jadi saya sempat berpikir ini adalah turunan playpop! -yang ternyata bukan. saya ingat waktu playpop! di mbloc, saya bilang ke eko bahwa mungkin popgig di tempat itu terlalu sia-sia dan tidak mengeluarkan statement apapun soal scene lokal, walaupun acaranya tetap menyenangkan selalu.

harapannya akan selalu ada di alip, jaya dan addil. mungkin understanding berikutnya masih feature line up yang sama. mungkin butuh tiga kali volume lagi sampai akhirnya ada nama baru yang interesting -seperti saat saya melihat cheeseu pertama kalinya.

.