Tuesday, June 4, 2024

chaotic pop – indiepop cdrs

https://disanorak.home.blog/



Menjadi punk dan menjalankan indiepop harus selalu menjadi pilihan yang murah dan walaupun tetap akan membuat kamu bangkrut dengan alasan romantisme yang obsesif. Dan tanpa 45s, cd-r selalu adalah jawaban.

Tapi siapa yang mendengarkan cd-r saat ini? Popkids manapun yang masih melihat cd-r releases dengan religius adalah total maniacs. Indiepop label yang duplicate burning cd-rs di rumah, stickering setiap keping, menulis liner note fotokopian dan melipat sleeves yang diprinted diam-diam di kantor; tidakkah itu tanda-tanda maniac? Mencintai sesuatu yang tidak valuable, poor executed dengan darah lalu merasa begitu bahagia ketika 50 keping limited terjual dalam tiga bulan. Lalu lebih bahagia lagi ketika 10 tahun kemudian, seseorang menanyakan soal rilisan tersebut, dan memegang debu di koleksi pribadinya dan berkata dalam hati ‘berapapun harganya ini tidak akan dijual.’, setelah begitu lega dulu menjual rilisannya dengan fair price -10% keuntungan dari production cost.

Lalu Chaotic Pop tiba-tiba muncul entah dari dan karena apa. Merilis Anselmus – My Life is Better with Indiepop. Limited to 50 copies cd-r single. Dan di sleevenote nya ditulis:
“You might be wondering, “What’s going on with this label? Why are we still releasing CDR when other labels are going for vinyl and cassettes?” Our packaging might seem simple compared to others, but here’s the thing – I don’t care about what others think. I genuinely enjoy every moment I spend working on this CDR release. I started from scratch, buying blank CDRs and burning them with my LG writer – it’s a pretty traditional approach, right?
Let me tell you, it’s perfectly fine to release music in a traditional way. There’s no shame in it. What matters is that you put your best effort into it, do it with passion, and, most importantly, have fun with it.”



Betapa Eko mendadak menjadi politis. Dia tidak menjawab ketika ditanya kenapa harus memisahkan Chaotic dari Shiny Happy, tapi kalau kamu fans, tidak terlalu sulit menyusun puzzle awalnya. Lalu The Rosebuds Riot – Poppy Crappy Band dirilis di bandcamp.



Saya tahu Eko tidak pernah main-main dengan rilisannya dan itu membuat saya selalu malu dengan apa yang telah saya buat. Di linernote selftitled album Clubwater saya menulis: “… seeing how shiny happy run the label always will make me a failure. and ‘that my sense of pride won’t stand in the way, as i have lost that long ago’ – mattias.”

Indiepop cd-rs masih ada. Chaotic Pop melakukannya dengan baik sejauh dua rilisan sampai saat ini. Kamu tahu ada satu blog yang mengafiliasikan heavenpunks dengan Chaotic? Kemungkinan karena saya memposting fandom untuk ini di instagram. Tapi apapun itu, seharusnya kamu sudah sadar bahwa satu-satunya hal yang masuk akal dari indiepop adalah punk.

No comments:

Post a Comment